Bandung

Bandung

Hal yang harus dilakukan - umum

Bandung merupakan kota metropolitan terbesar di Provinsi Jawa Barat, sekaligus menjadi ibu kota provinsi tersebut. Kota ini terletak 140 km sebelah tenggara Jakarta, dan merupakan kota terbesar di wilayah Pulau Jawa bagian selatan. Sedangkan wilayah Bandung Raya (Wilayah Metropolitan Bandung) merupakan metropolitan terbesar kedua di Indonesia setelah Jabodetabek.

Di kota ini tercatat berbagai sejarah penting, di antaranya sebagai tempat berdirinya sebuah perguruan tinggi teknik pertama di Indonesia (Technische Hoogeschool te Bandoeng – TH Bandung, sekarang Institut Teknologi Bandung – ITB), lokasi ajang pertempuran pada masa kemerdekaan, serta pernah menjadi tempat berlangsungnya Konferensi Asia-Afrika 1955, suatu pertemuan yang menyuarakan semangat anti kolonialisme, bahkan Perdana Menteri India Jawaharlal Nehru dalam pidatonya mengatakan bahwa Bandung adalah ibu kotanya Asia-Afrika.

Pada tahun 1990 kota Bandung terpilih sebagai salah satu kota paling aman di dunia berdasarkan survei majalah Time.

Kota kembang merupakan sebutan lain untuk kota ini, karena pada zaman dulu kota ini dinilai sangat cantik dengan banyaknya pohon-pohon dan bunga-bunga yang tumbuh di sana. Selain itu Bandung dahulunya disebut juga dengan Parijs van Java karena keindahannya. Selain itu kota Bandung juga dikenal sebagai kota belanja, dengan mall dan factory outlet yang banyak tersebar di kota ini, dan saat ini berangsur-angsur kota Bandung juga menjadi kota wisata kuliner. Dan pada tahun 2007, konsorsium beberapa LSM internasional menjadikan kota Bandung sebagai pilot project kota terkreatif se-Asia Timur. Saat ini kota Bandung merupakan salah satu kota tujuan utama pariwisata dan pendidikan.

Negara Indonesia
PopulasiTidak diperlukan visa
BahasaIndonesia, Sunda
Mata UangRp (Rupiah)
Luas Wilayah (km2)167.7 km²

Tujuan Wisata

wahana-hiburan-bandungSesekali ingin menjajal wahana baru untuk mengembalikan semangat bekerja Anda? Cobalah arena petualangan yang telah tersedia di sekitar Anda. Tak perlu ragu untuk mencoba, sebab di setiap arena petualangan pastilah telah ada live guard!

Nah, berikut ada beberapa lokasi petualangan yang harus Anda coba selama berada di kawasan sekitar Bandung. Setiap lokasi berikut ini memiliki karakteristik yang harus Anda taklukan tanpa ragu-ragu!

1. Tahura Djuanda (Gua Pakar)

Taman Hutan Raya wisatajawa

Taman Hutan Raya wisatajawa

Dengan berkunjung ke Tahura Djuanda, Anda bisa menyaksikan beraneka macam tumbuhan seperti pohon pinus, kaliandra, bambu, berbagai tumbuhan teklan, kayu manis, dan lain-lain. Terdapat juga berbagai macam binatang di dalamnya seperti musang, tupai, kera, dan berbagai jenis burung. Anda juga bisa mengunjungi Gua Belanda, Gua Jepang, Danau Bandung Purba, dan Kawasan Maribaya.

2. Bumi Perkemahan Cikole

Bumi Perkemahan Cikole wikimapia

Bumi Perkemahan Cikole wikimapia

Kawasan Bumi Perkemahan Cikole adalah hutan lindung yang dimanfaatkan untuk wisata alam dengan beberapa bangunan permanen yang tidak boleh lebih dari 10 persen. Kondisi bentang alam di Buper Cikole adalah berbukit-bukit sesuai dengan kontur tanah asli di wilayah ini. Di dalam kawasan terbagi lima blok perkemahan, masing-masing blok A, B, C, D, dan E. Dengan tinggal sejenak di Bumi Perkemahan Cikole, Anda bisa menikmati udara segar di tempat ini. Tak jauh dari Bumi Perkemahan, Anda bisa menjangkau Curug Maribaya, Tangkuban Perahu, dan perkebunan teh Maribaya.

3. Bandung Treetop Adventure Park

Treetop–Lembang outbond

Treetop Lembang Outbond

Bandung memiliki wahana wisata petualangan alam terbesar se-Asia Tenggara. Wahana Bandung Treetop Adventure Park menyediakan 8 arena circuit, 88 petualangan, dan 26 Flying Fox. Treetop Adventure Park memungkinkan pengunjung untuk dapat menjelajahi hutan secara aman di atas pepohonan tinggi dengan cara melewati berbagai rintangan.

4. Air Terjun Maribaya

Air Terjun Maribayaa

Air Terjun Maribayaa

Air Terjun Maribaya merupakan kawasan sumber mata air panas di Maribaya. Banyak orang datang ke sana dengan tujuan untuk mendapatkan pengobatan sambil menghirup udara segar. Air Terjun Maribaya memiliki sumber pemandian air panas dengan air yang mengandung belerang bersuhu 20-40 derajat celcius dan temperatur udara rata-rata 10-20 derajat celcius.

5. Sepeda Gantung

Sepeda Gantung Dago

Sepeda Gantung Dago

Yang suka wisata yang ekstrem sekaligus senang bersepeda, wahana ini bisa dicoba. Orang menyebutnya sepeda gantung, sepeda terbang atau sky bike. Untuk mencoba sepeda gantung di Bandung ada beberapa tempat wisata yang menyediakan wahana tersebut, yakni di Dago Dream Park, Lodge Maribaya, dan Puspa Iptek Sundial.

Di Dago Dream Park, sepeda gantung menjadi salah satu wahana favorit. Sky bike adalah wahana sepeda yang meluncur di seutas kawat baja. Kalau sering melihat sirkus yang bersepeda di seutas tali kira-kira seperti itu wahana. Namun sky bike di sini setiap pengunjung mendapatkan keamanan yang lebih. Pengunjung akhirnya akan terasa nyaman meluncur meski sebelumnya akan merasa takut.

 

Info Wisata Malam

wisata-malam-bandung-hutama-tours-travel

Alun-alun Kota Bandung Malam Hari

SUDAH bukan rahasia kalau Bandung merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki beragam destinasi wisata, mulai dari kuliner hingga wisata malam. Kota yang dikenal dengan Kota Kembang ini memang tidak pernah sepi pengunjung, bahkan setiap minggunya selalu banyak pelancong yang memadati tempat-tempat wisata yang ada di kota ini.

Dari sekian banyak kawasan liburan yang ada di Bandung, ada sejumlah tempat atraktif dengan pemandangan menakjubkan dan sangat menarik untuk dikunjungi di malam hari. Penasaran? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

1. Braga

Jalan Braga disebut-sebut sebagai primadona wisata malam di Kota Bandung. Kawasan ini menjadi tempat nongkrong favorit para wisatawan karena terdapat banyak sarana hiburan, mulai dari kafe, pusat belanja, restoran, dan berbagai tempat wisata atraktif lainnya.

Di Jalan Braga, Anda bisa melihat bangunan-bangunan kolonial yang masih berdiri kokoh dengan balutan cahaya lampu yang semarak. Menyusuri kawasan Braga dengan berjalan kaki bisa menjadi salah satu ide seru untuk wisata malam di kota Bandung. Terlebih saat diselenggarakannya Braga Culinary Night, di mana Anda bisa menikmati beragam kuliner lezat yang dijajakan

2. Bukit Moko

Kontur pegunungan yang membentuk cekungan Bandung memang sangat menarik untuk dinikmati. Bukit Moko menjadi kawasan wisata di Kota Kembang yang sangat pas dikunjungi pada malam hari.

Dari tempat ini Anda bisa melihat Kota Bandung dari ketinggian, dibalut dengan gemerlap cahaya lampu yang membuatnya terlihat begitu romantis. Wisata malam pun akan semakin menyenangkan dengan berbagai menu hidangan khas Parahyangan yang menggugah selera.

3. Puncak Ciumbuleuit (Punclut)

Puncak Ciumbuleuit juga merupakan destinasi wisata malam yang sayang untuk dilewatkan. Tidak kalah bagus dengan Bukit Moko, Punclut menyuguhkan panorama Kota Bandung yang cantik dari atas bukit. Keseruan wisata malam akan semakin hangat dan lengkap dengan camilan dan minuman yang dibanderol dengan harga ekonomis.

4. Caringin Tilu (Cartil)

Caringin Tilu juga disebut-sebut sebagai destinasi wisata malam yang wajib dikunjungi. Lokasi Cartil berada di daerah Padasuka, tidak jauh dari Saung Angklung Udjo. Anda bisa mendatangi tempat ini sejak sore sebelum matahari terbenam untuk menikmati pemandangan matahari terbenam yang eksotis.

Saat matahari mulai menghilang dan lampu-lampu mulai menerangi kota, Anda bisa menyaksikan betapa indah Kota Kembang dari ketinggian. Sejuknya udara pun membuat suasana menjadi lebih romantis.

5. Wisata Malam di Dago Tea House

Kawasan wisata yang satu ini sudah ada sejak zaman Belanda. Pada zaman dahulu, Dago Tea House sering dijadikan oleh orang Belanda sebagai tempat untuk bersantai sambil menyeruput teh dan menikmati pemandangan alam yang menawan.

Kebiasaan itu pun berlanjut hingga sekarang. Tidak hanya menyesap minuman hangat, di kawasan yang sejuk dan indah ini, Anda bisa menikmati pesona malam hari Kota Bandung sambil menikmati berbagai seni budaya yang dipertunjukkan.

Itu dia lima tempat wisata malam di Bandung yang bisa Anda kunjungi bersama sahabat ataupun keluarga tercinta. Sebelum berwisata ke kota Kembang.

Info Budaya & Sejarah

culture-and-history-of-bandung

Budaya & Sejarah Kota Bandung

Kata Bandung berasal dari kata bendung atau bendungan karena terbendungnya sungai Citarum oleh lava Gunung Tangkuban Parahu yang lalu membentuk telaga. Legenda yang diceritakan oleh orang-orang tua di Bandung mengatakan bahwa nama Bandung diambil dari sebuah kendaraan air yang terdiri dari dua perahu yang diikat berdampingan yang disebut perahu bandung yang digunakan oleh Bupati Bandung, R.A. Wiranatakusumah II, untuk melayari Ci Tarum dalam mencari tempat kedudukan kabupaten yang baru untuk menggantikan ibukota yang lama di Dayeuhkolot.

Berdasarkan filosofi Sunda, kata Bandung juga berasal dari kalimat Nga-Bandung-an Banda Indung, yang merupakan kalimat sakral dan luhur karena mengandung nilai ajaran Sunda. Nga-Bandung-an artinya menyaksikan atau bersaksi. Banda adalah segala sesuatu yang berada di alam hidup yaitu di bumi dan atmosfer, baik makhluk hidup maupun benda mati. Sinonim dari banda adalah harta. Indung berarti Ibu atau Bumi, disebut juga sebagai Ibu Pertiwi tempat Banda berada.

Dari Bumi-lah semua dilahirkan ke alam hidup sebagai Banda. Segala sesuatu yang berada di alam hidup adalah Banda Indung, yaitu Bumi, air, tanah, api, tumbuhan, hewan, manusia dan segala isi perut bumi. Langit yang berada di luar atmosfer adalah tempat yang menyaksikan, Nu Nga-Bandung-an. Yang disebut sebagai Wasa atau Sang Hyang Wisesa, yang berkuasa di langit tanpa batas dan seluruh alam semesta termasuk Bumi. Jadi kata Bandung mempunyai nilai filosofis sebagai alam tempat segala makhluk hidup maupun benda mati yang lahir dan tinggal di Ibu Pertiwi yang keberadaanya disaksikan oleh yang Maha Kuasa.

Kota Bandung secara geografis memang terlihat dikelilingi oleh pegunungan, dan ini menunjukkan bahwa pada masa lalu kota Bandung memang merupakan sebuah telaga atau danau. Legenda Sangkuriang merupakan legenda yang menceritakan bagaimana terbentuknya danau Bandung, dan bagaimana terbentuknya Gunung Tangkuban Perahu, lalu bagaimana pula keringnya danau Bandung sehingga meninggalkan cekungan seperti sekarang ini. Air dari danau Bandung menurut legenda tersebut kering karena mengalir melalui sebuah gua yang bernama Sanghyang Tikoro.

Daerah terakhir sisa-sisa danau Bandung yang menjadi kering adalah Situ Aksan, yang pada tahun 1970-an masih merupakan danau tempat berpariwisata, tetapi saat ini sudah menjadi daerah perumahan untuk permukiman.Kota Bandung mulai dijadikan sebagai kawasan permukiman sejak pemerintahan kolonial Hindia Belanda, melalui Gubernur Jenderalnya waktu itu Herman Willem Daendels, mengeluarkan surat keputusan tanggal 25 September 1810 tentang pembangunan sarana dan prasarana untuk kawasan ini. Dikemudian hari peristiwa ini diabadikan sebagai hari jadi kota Bandung.

Kota Bandung secara resmi mendapat status gemeente (kota) dari Gubernur Jenderal J.B. van Heutsz pada tanggal 1 April 1906 dengan luas wilayah waktu itu sekitar 900 ha, dan bertambah menjadi 8.000 ha pada tahun 1949, sampai terakhir bertambah menjadi luas wilayah saat ini. Pada masa perang kemerdekaan, pada 24 Maret 1946, sebagian kota ini dibakar oleh para pejuang kemerdekaan sebagai bagian dalam strategi perang waktu itu. Peristiwa ini dikenal dengan sebutan Bandung Lautan Api dan diabadikan dalam lagu Halo-Halo Bandung. Selain itu kota ini kemudian ditinggalkan oleh sebagian penduduknya yang mengungsi ke daerah lain.

Pada tanggal 18 April 1955 di Gedung Merdeka yang dahulu bernama Concordia, Jl. Asia Afrika, sekarang, berseberangan dengan Hotel Savoy Homann, diadakan untuk pertama kalinya Konferensi Asia-Afrika yang kemudian kembali KTT Asia-Afrika 2005 diadakan di kota ini pada 19 April-24 April 2005.Pada tanggal 24 April 2015, Konferensi Asia-Afrika kembali diadakan di kota ini setelah tanggal 20 April-23 April 2015 berlangsung di Jakarta.

Paket Wisata Bandung 4 Hari 3 Malam

Paket Wisata Bandung 4 Hari 3 Malam

Bandung18 / 10
Mulai Dari: Rp 1.260.000
Paket Wisata Bandung 4 Hari 3 Malam mungkin akan menjadi salah satu pilihan bagi anda yang ingin men Detail ⇛
Paket Wisata Jakarta - Bandung - Yogyakarta 6 Hari 5 Malam

Paket Wisata Jakarta - Bandung - Yogyakarta 6 Hari 5 Malam

Jakarta, Bandung, Yogyakarta
Mulai Dari: Rp 2.050.000
Berwisata ke Destinasi yang ada di Jakarta, Bandung atau Yogyakarta merupakan salah satu cara untuk Detail ⇛
Paket Wisata Jakarta - Bandung 5 Hari 4 Malam

Paket Wisata Jakarta - Bandung 5 Hari 4 Malam

Jakarta, Bandung
Mulai Dari: Rp 1.400.000
Berwisata ke Destinasi yang ada di Jakarta atau di Bandung merupakan salah satu cara untuk melepas p Detail ⇛
Paket Wisata Jakarta, Bandung, Yogyakarta & Bali

Paket Wisata Jakarta, Bandung, Yogyakarta & Bali

Jakarta, Bandung, Bali, Yogyakarta10 / 10
Mulai Dari: Rp 2.400.000
Paket Wisata Jakarta, Bandung, Yogyakarta & Bali 8 Hari!!! Adalah merupakan paket wisata terbaik Detail ⇛